archives

Hanif

Muhammad Hanif Teknik Geofisika Institut Teknologi Bandung muhammad.hanif@students.itb.ac.id em.hanif@hotmail.com
Hanif has written 52 posts for Perspective Bebas

Watched today

Dikirim oleh Ummi, dishare oleh grup orangtua santri DTBS

 

Dishare oleh Bang Beni Guswanto

 

Advertisements

Tetap Tegarnya Hati Di Atas Kebaikan

✋💡🌷🔥 TETAP TEGARNYA HATI DIATAS KEBAIKAN Continue reading

Hakikat Surga dan Neraka

📈 AL-JANNAH (Surga) itu TINGGI sedangkan AN-NAAR (Neraka) itu RENDAH 📉 Continue reading

Protected: New Family was Born!

This content is password protected. To view it please enter your password below:

Waktu itu Pedang!

Disiplin Waktu

Sebagai makhluk yang selalu beraktivitas dan berusaha memenuhi kebutuhan hidup, manusia dituntut berdisiplin dalam usahanya. Sebab, waktu akan terus bergulir dengan alurnya sendiri, dan manusia hanya bisa mengikuti alur itu, tidak bisa memperlambat, mempercepat, atau menghentikannya. Jika tidak mampu bertindak tepat dan bekerja disiplin, ia akan terlindas oleh waktu. Kedisiplinan menjadi penting dan menjadi kunci kesuksesan.

Nabi Muhammad SAW pernah berdoa agar Allah memberi berkah kepada umatnya yang berdisiplin dan bekerja tepat waktu. Nabi pernah memohon kepada Allah SWT, ”Ya Allah, berikanlah keberkahan kepada umatku di waktu pagi mereka.” (HR At-Tirmidzi, Abu Daud, dan Ibnu Majah dari Shahr Al-Ghamidi).

Shahr Al-Ghamidi adalah salah seorang sahabat Nabi yang berprofesi sebagai pedagang. Keyakinannya akan doa Nabi tersebut, membuatnya rajin, ulet, dan disiplin dengan profesinya. Ia selalu memulai aktivitasnya di pagi hari. Mendistribusikan barang dagangannya di saat sinar matahari belum tampak betul. Berkat kedisiplinannya itu, ia menunai berkahnya. Ia menjadi salah satu saudagar kaya saat itu.

Baik atau buruk, untung atau rugi hasil suatu pekerjaan, tergantung dari usaha pelakunya. Surat Al-Ashr (103) jelas-jelas menyatakan hal ini. Allah berfirman, ”Demi masa. Sesungguhnya manusia benar-benar berada dalam kerugian. Kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan saling menasihati dalam kebenaran dan saling menasihati supaya bersikap sabar.” (ayat 1-3).

Dalam surat tersebut, paling tidak ada beberapa hal yang saling berkaitan, hubungannya dengan disiplin kerja, yaitu waktu, amal (usaha), kerugian (hasil usaha). Seolah-olah surat Alquran tersebut ingin menegaskan bahwa waktu yang Allah luangkan, harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Apabila tidak, yang bersangkutan sendiri yang akan rugi. Pendek kata, surat tersebut mengajarkan kita berdisiplin kerja dan berdisiplin waktu.

Banyak hadis Nabi yang memperingatkan manusia agar mempergunakan waktu sebaik mungkin. Antara lain sabda Nabi, ”Dua nikmat yang sering disia-siakan oleh banyak orang, yaitu kesehatan dan kenikmatan.” (HR Bukhari dari Ibnu Abas).

Sayyidina Ali bin Abi Thalib pernah berkata, ”Rezeki yang tidak diperoleh hari ini, masih bisa diharapkan perolehannya lebih banyak di hari esok. Tetapi, waktu yang berlalu hari ini, tidak mungkin kembali esok.Wallahu a’lam bish-shawab.

Sumber : republika.or.id

Semoga pembaca sekalian bisa mengambil hikmah. #peristiwa15/03/12

GFL 2012: Ajang Sportivitas Tim Sepakbola Himpunan Mahasiswa ITB

Rangkaian acara kompetisi sepakbola antarhimpunan mahasiswa di ITB, Ganesha Football League (GFL) 2012 usai pada Jumat (10/02/12). Kompetisi yang memperebutkan piala bergilir Rektorat ITB dan Piala Kementerian Pemuda dan Olahraga tersebut diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Geofisika (HIMA-TG) ‘TERRA’ ITB. Puncak acara tersebut didahului dengan pertandingan final antara Himpunan Mahasiswa Tambang (HMT) dan Himpunan Mahasiswa Fisika (HIMAFI). Continue reading

I am Journalist!

Mendapat pengalaman dan tantangan baru merupakan suatu anugrah yang luar biasa. Inilah hasil magang saya selama 3 bulan di Kantor Berita ITB Continue reading

Work Hard, Work Smart!

Pekerjaan weekend ini Continue reading

Advance Geology

dari keprofesian terra

sesuai judul di atas advance geology adalah mata kuliah geologi yang udah expert dan luar biasa bikin pusing materi  kuliahnya, susah praktikumnya, ataupun nyebelin dosennya. terkadang dapat menimbulkan trauma yang cukup mendalam buat kebanyakan orang.

geologi struktur

mata kuliah ini intinya mempelajari kemiringan, sesar, dan lipatan. merupakan kuliah yang sangat menunjang bagi teman-teman yang akan mengambil geofisika perminyakan. sebab akan terkait dengan perangkap (trap) pada sistem petroleum terutama perangkap struktur.  kuliah ini memang terlalu advance buat seorang geofisikawan, namun cukup bermanfaat buat interpretasi nantinya.

lebih baik diambil di semester 5

stratigrafi analisis

mata kuliah ini ; Continue reading

kenapa harus belajar geologi?

dari keprofesian terra

pernah kepikiran ga sih, kita seorang geofisika kenapa harus susah-susah belajar
geologi? pulang malem cuma buat ngerjain tugas praktikum sedimen, ngedeskripsiin batu ampe mata hampir juling nentuin dia fanerik atau afanitik, muter-muterin mineral buat tau dia ada invers atau mirror,  ataupun bangun pagi cuma buat belajar tektono.

disadari atau ga, geologi bakal sangat menunjang geofisika kedepannya. kita mungkin bisa tau gambaran bawah permukaan kaya gimana dengan metode-metode geofisika, tapi tanpa tau geologi maka kita ga bisa ngeinterpretasiin  apa yang sebenarnya ada di bawah permukaan.  coba bayangin kita punya penampang seismik tapi kita ga tau istilah-istilah kaya  intrusi, antiklin, batupasir, dsb. lantas apa yang mau kita interpretasiin?

nah, nikmatin aja semua hal yang berbau geologi yang pernah dan bakal kita hadapi. syukuri aja, bahwa kita ga cuma tau geofisikanya aja tapi juga tau geologinya.

berikut adalah kuliah yang berkaitan dengan dasar-dasar geologi yang sebaiknya kita ambil.

geologi dasar

kuliah ini merupakan jembatan awal dari ilmu-ilmu geologi yang bakal kita hadapi selama kuliah di teknik geofisika. bener-bener dasar dan kalo dipikir-pikir ulang (apalagi oleh tingkat tiga ke atas) mungkin kuliah ini adalah kata pengantarnya dari kuliah geologi selama ini. karena ini dasar, jangan terlalu berharap setelah ngambil ini kita bakal jadi jago banget geologi.

diambil di semester 3

kristalografi dan mineralogi

kuliah ini penting buat mereka-mereka yang akan mengambil jalur tambang kedepannya. terutama yang pengen nyari mineral ekonomis kaya emas, tembaga, perak, ataupun besi. kuliah ini juga penting buat orang-orang yang mau mendalami petrologi, terutama deret mineral bowen. selain itu, penting juga buat temen-temen yang mau nyari mineral alterasi hidrotermal. Walaupun  sampei sekarang urang masih bingung, apa manfaat kita tau suatu mineral rombohedral atau trigonal.

ambil di semester 3

petrologi

kuliah ini memberikan pandangan baru buat kita, soalnya kita bisa mengenal batuan lebih jauh. kuliah ini juga akan sangat bermanfaat kedepannya terutama untuk deskripsi litologi. biasanya litologi tertentu mencerminkan asosiasi mineral tertentu dan kondisi geologi tertentu.

merupakan kuliah pilihan yang sifatnya hampir wajib. lebih baik ambil di semester 4

tektonofisik Continue reading