you're reading...
Uncategorized

kenapa harus belajar geologi?

dari keprofesian terra

pernah kepikiran ga sih, kita seorang geofisika kenapa harus susah-susah belajar
geologi? pulang malem cuma buat ngerjain tugas praktikum sedimen, ngedeskripsiin batu ampe mata hampir juling nentuin dia fanerik atau afanitik, muter-muterin mineral buat tau dia ada invers atau mirror,  ataupun bangun pagi cuma buat belajar tektono.

disadari atau ga, geologi bakal sangat menunjang geofisika kedepannya. kita mungkin bisa tau gambaran bawah permukaan kaya gimana dengan metode-metode geofisika, tapi tanpa tau geologi maka kita ga bisa ngeinterpretasiin  apa yang sebenarnya ada di bawah permukaan.  coba bayangin kita punya penampang seismik tapi kita ga tau istilah-istilah kaya  intrusi, antiklin, batupasir, dsb. lantas apa yang mau kita interpretasiin?

nah, nikmatin aja semua hal yang berbau geologi yang pernah dan bakal kita hadapi. syukuri aja, bahwa kita ga cuma tau geofisikanya aja tapi juga tau geologinya.

berikut adalah kuliah yang berkaitan dengan dasar-dasar geologi yang sebaiknya kita ambil.

geologi dasar

kuliah ini merupakan jembatan awal dari ilmu-ilmu geologi yang bakal kita hadapi selama kuliah di teknik geofisika. bener-bener dasar dan kalo dipikir-pikir ulang (apalagi oleh tingkat tiga ke atas) mungkin kuliah ini adalah kata pengantarnya dari kuliah geologi selama ini. karena ini dasar, jangan terlalu berharap setelah ngambil ini kita bakal jadi jago banget geologi.

diambil di semester 3

kristalografi dan mineralogi

kuliah ini penting buat mereka-mereka yang akan mengambil jalur tambang kedepannya. terutama yang pengen nyari mineral ekonomis kaya emas, tembaga, perak, ataupun besi. kuliah ini juga penting buat orang-orang yang mau mendalami petrologi, terutama deret mineral bowen. selain itu, penting juga buat temen-temen yang mau nyari mineral alterasi hidrotermal. Walaupun  sampei sekarang urang masih bingung, apa manfaat kita tau suatu mineral rombohedral atau trigonal.

ambil di semester 3

petrologi

kuliah ini memberikan pandangan baru buat kita, soalnya kita bisa mengenal batuan lebih jauh. kuliah ini juga akan sangat bermanfaat kedepannya terutama untuk deskripsi litologi. biasanya litologi tertentu mencerminkan asosiasi mineral tertentu dan kondisi geologi tertentu.

merupakan kuliah pilihan yang sifatnya hampir wajib. lebih baik ambil di semester 4

tektonofisik

berbicara tentang lempeng dan pergerakannya di permukaan bumi. merupakan kuliah dasar untuk memahami kenapa bumi bergerak, kenapa bisa ada daerah pertemuan lempeng, dsb. Akan bermanfaat buat identifikasi pembentukan suatu cekungan minyak apakah oleh sesar ataupun lipatan.

ambil di semester 4

sedimentologi

urang kasih penghormatan lebih buat kuliah yang satu ini.  buat temen-temen yang mau ngambil geofisika perminyakan kuliah ini sangat bermanfaat. sedimentologi ini hampir selalu diulang-ulang di kuliah geologi  yang lebih advance, sebut aja geologi minyak bumi, stratigrafi analisis, juga geologi well logging.  kuliah ini penting terutama yang berkaitan dengan lingkungan pengendapan, nantinya bakal nyambung ke ukuran butir, energi, serta potensi dia dalam suatu sistem petroleum.

ambil di semester 4

prinsip stratigrafi

merupakan kuliah tentang prinsip-prinsip dasar dalam urutan-urutan sedimen. urutan-urutan litologi tertentu biasanya mencerminkan lingkungan pengendapan tertentu. nantinya bakal nyambung lagi sama kaya di sedimentologi, mana yang potensi buat jadi reservoir, batuan induk, dsb.

merupakan kuliah pilihan, bisa diambil di semester 5 atau 6.

 

About Hanif

Muhammad Hanif Teknik Geofisika Institut Teknologi Bandung muhammad.hanif@students.itb.ac.id em.hanif@hotmail.com

Discussion

No comments yet.

Komentari

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: