you're reading...
Uncategorized

Advance Geology

dari keprofesian terra

sesuai judul di atas advance geology adalah mata kuliah geologi yang udah expert dan luar biasa bikin pusing materi  kuliahnya, susah praktikumnya, ataupun nyebelin dosennya. terkadang dapat menimbulkan trauma yang cukup mendalam buat kebanyakan orang.

geologi struktur

mata kuliah ini intinya mempelajari kemiringan, sesar, dan lipatan. merupakan kuliah yang sangat menunjang bagi teman-teman yang akan mengambil geofisika perminyakan. sebab akan terkait dengan perangkap (trap) pada sistem petroleum terutama perangkap struktur.  kuliah ini memang terlalu advance buat seorang geofisikawan, namun cukup bermanfaat buat interpretasi nantinya.

lebih baik diambil di semester 5

stratigrafi analisis

mata kuliah ini ;lanjutan dari prinstat dan sedimentologi. mempelajari hubungan antar litologi baik secara lateral dan vertikal. dibahas juga lebih lanjut mengenai lingkungan pengendapan dan litologi khasnya. mata kuliah ini penting buat menginterpretasi penampang seismik terutama yang berkaitan dengan seismik stratigrafi.

meskipun sampai sekarang urang juga masih suka bingung, apa yang sebenarnya lagi dipelajari tapi ga ada salahnya buat diambil di semester 6.

geologi minyak bumi

mungkin kebanyakan orang pada bingung apa sih perangkap, batuan induk, reservoir, dan sistem petroleum kayanya sering disebut banget. nah kuliah khusus buat mempelajari ini adalah geologi minyak bumi. buat temen-temen yang mau ngambil geofisika perminyakan mata kuliah ini lumayan bermanfaat. terutama buat identifikasi masing-masing komponen petroleum system di penampang seismik,

bisa diambil di semester 5, 6, ataupun 7.

geomorfologi

kalo di prinstat, SA, ataupun sedimen kita belajar litologi lingkungan pengendapan. di geomorfologi kita pelajari bentukannya di alam seperti apa. mulai dari sungai, pantai, delta, sampai pegunungan bakal dibahas disini. bermanfaat buat ngebantu interpretasi. misal ada bentukan seperti kipas di penampang seismik 3D mungkin dia slope fan atau aluvial fan yang potensi sebagai reservoir, dsb.

kalo ga sensi ama dosennya, mangga diambil di semester 6

geologi well logging

ilmu lain yang sangat bermanfaat di geologi yang mempelajari log sumur. mungkin pada bingung log sumur itu apa, nanti bakal ada edisi khusus buat ngebahasnya. sangat bermanfaat deh buat ngebantu penafsiran data seismik kita. yang dipelajari antara lain, log gamma ray, log SP, sonic log, density log, neutron log, dan resistivity log.

selama ga ada mahasiswa asing, silakan ambil di semester 6 atau 8.

&nbsp

About Hanif

Muhammad Hanif Teknik Geofisika Institut Teknologi Bandung muhammad.hanif@students.itb.ac.id em.hanif@hotmail.com

Discussion

2 thoughts on “Advance Geology

  1. Nip, tuker link blog ane..
    Mohamadrivani.blogspot.com

    Posted by rivani | 27/07/2011, 4:02 pm

Komentari

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: