you're reading...
Kuliah

Hari Geologi ITB

Yap hari selasa memang boleh dikatakan hari geologi untuk terra 2009. Mulai jam 7 hingga petang bergulir habis sudah kami dijejali ilmu bumi itu. Hmmm…. disuasana yang sedang pusing mikirin tugas profil core karena belum dikumpul ditambah tumpukan materi eksak geofisika yang menanti dihajar, saya harus menghadapi serangkaian tugas. Ya seperti biasa PR petrologi, sedimentologi, juga TP petrologi yang akan dikumpul jum’at.

Ada yang unik di hari ini, Hansen, di kelas asistensi sedimentologi boleh dibilang membuka gembok dikepala saya yang selama ini membelenggu saya. Darinya, saya dapat ilmu dan informasi yang banyak tentang sedimentologi khususnya karakteristik lingkungan pengendapan dan juga mekanisme terjadinya batuan sedimen. Lewat penjelasannya, saya banyak mendapat inspirasi untuk menggali geologi lebih dalam lagi. Ya, memang ini menjadi salah satu ranah teknik geofisika. Namun, menjadi satu hal yang menyenangkan dan menghibur mempelajari sesuatu yang kasat mata dan benar-benar real bisa kita lihat dan sentuh. Satu hal yang membuat selera belajar sedimen saya berkurang adalah suasana kelas yang ricuh saat Hansen menjelaskan. Well, saya gak peduli dengan apapun yang menghambat saya untuk maju, but for me it’s my obligation to respect anothers.

Lain lagi di kelas Bapak Andri Dian Nugraha, dari kuis yang diberikan siang tadi memang saya sudah mengendus adanya jebakan di soal tersebut. Namun, sampai injury time habis inspirasi tersebut belum juga muncul di kepala, sampai akhirnya saya putuskan untuk mengumpulkan jawaban saya dengan seadanya. yang benar, untuk mencari umur rata-rata sebuah lempeng oseanik bila hanya diketahui peta dan, kita dapat melakukannya dengan membagi dua luas lempeng kontinen dan membaginya lagi dengan kecepatan lempeng.

Lain lagi quote yang diberikan dari kelas Petrologi, Edy Sucipta. “Inti geologi sebenarnya adalah bisa menceritakan sejarah bagaimana keadaan geologi terbentuk”. Ya mungkin beliau terinspirasi dari James Hutton, 1785, “present is the key to the future”

Inspirasi yang saya dapat dari kelas tersebut diantaranya: 1. geologi itu sangat vital untuk geofisikawan dimanapun dia bekerja.

2. supaya bisa faham dan mengerti secara komprehensif tentang fenomena geologi, saya harus banyak membaca tentang peristiwa-peristiwa geologi.

3. Jangan lupakan bahwa geologi intinya adalah ilmu dan alatnya adalah apa yang harus saya kuasai, geofisika.

Menjadi sebuah dilema memang ketika sebagian besar mata kuliah teknik geofisika ialah mata kuliah prodi teknik geologi. Keadaannya saya seperti terlalu dimanjakan dengan ilmu deskriptif dan melupakan alatnya itu sendiri, matematika.

Gelombang,

potensial,

Geomat,

akan kupaksa diri ini untuk tergiur melihatnya..

About Hanif

Muhammad Hanif Teknik Geofisika Institut Teknologi Bandung muhammad.hanif@students.itb.ac.id em.hanif@hotmail.com

Discussion

2 thoughts on “Hari Geologi ITB

  1. present is the key to the past, nif🙂
    *menginspirasi buat belajar lebih baik lagi

    Posted by priskasembiring | 03/09/2011, 3:24 pm

Komentari

