you're reading...
tekno

Tips percepat statistik blog !

Statistik sudah tidak asing lagi bagi saya. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, definisi statistik adalah data yangg berupa angka yang dikumpulkan, ditabulasi, digolong-golongkan sehingga dapat memberi informasi yg berarti mengenai suatu masalah atau gejala. Secara sederhana saya menyimpulkan statistik adalah kumpulan data yang memberi informasi.

Atas dasar itulah saya senang sekali melihat data statistik blog saya. Secara kebetulan, wordpress menyediakannya sehingga saya tidak perlu repot-repot mencari di tempat lain.

Statistik Blog

Apa yang ada di statistik blog wordpress? Setidaknya saya bisa memperoleh manfaat dari hal-hal di bawah ini:

* Referrers: pengunjung yang datang dengan mengklik link di suatu blog atau situs yang menuju ke blog saya pada hari ini atau kemarin.
* Top posts & pages: postingan atau halaman yang paling banyak dilihat
* Search engine terms: kata kunci atau query yang diketikkan seseorang di mesin pencari (misalnya Google) sehingga orang tersebut menemukan atau datang ke blog saya
* Clicks: link keluar yang diklik pengunjung blog saya.
* Views: postingan yang dilihat oleh pengunjung. Ini dikelompokkan dalam harian, mingguan, dan bulanan.
* Blog stats summary tables : tabel ringkasan yang terdiri dari total views, busiest day, views today, jumlah posts, categories, tags, dan spam comments.

Dari kegemaran mengamati statistik blog ini, saya bisa mengevaluasi aktivitas yang sudah saya lakukan terhadap blog ini dan tentunya saya merencanakan aktivitas apa yang akan dilakukan ke di hari-hari selanjutnya. Tujuan utamanya sih adalah Page Rank 1 dan nilai trafik alexa di bawah 1 juta.

Terlepas dari tujuan tersebut, saya terkejut (sekaligus gembira) karena stat blog saya lumayan baik dari awal buat hingga sekarang…. saya buat baru 20 hari….

Tipsnya ingin tau ????

kalau saya sendiri caranya

ikut forum di kaskus, indowebster, sama webgaul

terus berkunjung ke blog lain sekalian promosi blog…..

About Hanif

Muhammad Hanif Teknik Geofisika Institut Teknologi Bandung muhammad.hanif@students.itb.ac.id em.hanif@hotmail.com

Discussion

11 thoughts on “Tips percepat statistik blog !

  1. Pengennya sih begitu… Seperti yang hanif sarankan. Berkunjung, ikutan forum. Tapi apa daya jika waktu yang diberikan hanya cukup untuk merefleksikan kata-kata.

    Makasih sudah berkunjung. Terus nge-blog dan berbagi manfaat.

    Posted by Ismail Agung | 04/07/2010, 12:38 pm
    • nah itu, kita punya masalah yang sama. TIME!
      untuk saran, tiap kita ngaskus atau ke forum cantumin blog kita.
      n update terus. Salam blogger!

      Posted by Hanif | 04/07/2010, 12:43 pm
      • saya sih mencoba memanfaatkan situs jejaring sosial semacam twitter dan facebook. lagipula mereka sudah join bareng WP. jadi setiap posting pasti muncul di wall dan tweet.

        BTw, link blognya sudah saya cantumkan di sidebar Kawan Narablog dengan nama hanif..
        Oia, nama saya terbalik. Seharusnya Ismail Agung, bukan Agung Ismail.
        terimakasih.

        Posted by Ismail Agung | 05/07/2010, 2:10 am
      • oke. sudah diganti kang. terima kasih. bikin sidebar gimana sih?

        Posted by Hanif | 05/07/2010, 6:52 am
  2. waduh saya sidebarnya katrok sekali..
    tidak pake rumus css
    tidak juga pake rumus javascript..

    hanya modal gambar yang mau diunggah
    dan link yang mau dituju..

    semuanya dimasukkan ke text sidebar. thats all..

    Masih bingung?

    Posted by Ismail Agung | 05/07/2010, 2:00 pm
  3. iya widget text..

    disitu kan bisa input kode html..

    caranya kurang lebih sama dengan cara kamu input gambar-gambar yang ada di sidebar “Lifetime” (yang kamu punya saat ini).

    Posted by Ismail Agung | 05/07/2010, 2:27 pm
  4. Hanif…….
    Nitip buat tugas osjur ya…
    http://himalkom.ipb.ac.id

    makasih…

    Posted by Anisaul Muawwanah | 14/07/2010, 10:35 am
  5. Sy sdg mempraktekkan tipsnya nih, berkunjung ke blog anda dan meninggalkan jejak. hehe..

    Salam.

    Posted by Rizal Dwi Prayogo | 19/07/2010, 1:06 pm

Komentari

