you're reading...
moslem

Apakah salafy itu?

Apakah salafy itu?

Salafy bukanlah suatu organisasi, salafy juga bukan aliran ekstrimis kanan maupun kiri. Salafy adalah ajaran yang mengacu pada mazhab ahlussunnah wal jamaa’ah yang telah dicontohkan semasa hidup Rasulullah SAW berserta tabiit, tabiin, tabiit dan tabiinnya. Salafy bukan organisasi islam karena rasulullah tak mengkotak-kotakan islam pada suatu kelompok yang membedakannya dengan kelompok yang lain. Islam adalah agama yang satu, yang berpedoman pada Al-Qur’an dan Sunnah Rasulullah SAW, Al-Hadits.

Perbedaan dalam cara beribadah bukannya mngekslusifkan diri sebagai kelompok yang berbeda karena sesungguhnya islam adalah satu. Allah Azza wa Jalla yang disembah dan patut disembah oleh semua ummat. Perbedaan cara beribadah, seperti perbedaan cara takbiratulikhram, mengucap basmalah pada Alfatihah saat shalat, dll sebenarnya karena banyaknya sunnah rosul yang mereka (kelompok tertentu) kaji sehingga memiliki sedikit perbedaan dengan yang lain. Bukan karena pemahaman yang salah dan menyimpang atau untuk sekadar mengekslusifkan dirinya (kelompoknya-nip). Pada akhirnya mereka sama-sama mengerjakan shalat dengan rukun dan syarat wajibnya. Dan tetap Allah yang mereka sembah, bukan Nabi, malaikat, bahkan ‘manusia akhir’ seperti kita (Naudzubillah).

Mereka (para salaf) beriman kepadaNya menurut bentuk yang sesuai dengan kemuliaan Allah tanpa melakukan tahrif (merubah kata hingga merubah makna), tamtsil (memisalkan Allah dengan makhluk), tasybih (menyerupakan Allah dengan makhluk), ta’thil (meniadakan sifat bagi Allah atau menyatakan Allah tidak memiliki sifat apapun) dan ta’wil (mengartikan dengan salah, seperti misal; tangan Allah diartikan kekuasaan Allah. Ini salah. Tangan Allah diartikan juga dengan tangan Allah. Tapi tentunya tidak boleh menyerupakannya dengan tangan makhluk-red).

“Telah terpecah orang-orang Yahudi menjadi tujuh puluh satu golongan dan terpecah orang Nashara (Nasrani) menjadi tujuh puluh dua golongan. Dan akan terpecah ummatku (Islam) menjadi tujuh puluh tiga golongan. Semuanya dalam neraka, kecuali satu golongan. Para shahabat bertanya: Siapakah mereka, wahai Rasulullah? Beliau berkata: Mereka adalah orang yang berdiri diatas apa yang aku dan para shahabatku berdiri diatasnya.” (HR Abu Daud dan dishahihkan Syaikh Al Albani dalam Shohih Sunan Abu Daud 3/115).

Siapa saja orang yang berdiri diatas apa yang Rasul dan sahabat Rasul berdiri diatasnya maka Rosulullah SAW menjamin padanya surga sebagai tempat yang kekal untuk hidupnya kelak. Semoga kita dapat istiqomah berada dalam golongan yang Rasulullah berdiri diatasnya tadi bukan golongan orang-orang yang tersesat. Amiin

Dari berbagai sumber:
Buletin Islamiy Al-Minhaj, Edisi II Th. I
http://darussalaf.org/stories.php?id=237
Abu Shofiya’s blog

About Hanif

Muhammad Hanif Teknik Geofisika Institut Teknologi Bandung muhammad.hanif@students.itb.ac.id em.hanif@hotmail.com

Discussion

2 thoughts on “Apakah salafy itu?

  1. mmm😕

    ‘berdiri diatas apa yang aku dan para shahabatku berdiri diatasnya’ itu yg seperti apa?

    Posted by eky | 24/07/2009, 1:31 pm

Komentari

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: