you're reading...
nhyft

Facebook Membawa Hikmah

4768_100216016658193_100000093843020_3400_1984999_nFacebook Membawa Hikmah
15:13 19/07/2009

Berawal dari ikhwah salafiyin Saudara Abu Hasan Syamsul yang saya kenal lewat facebook, yang lewat chatting jejaring sosial itu mengajakku untuk ta’lim bersama di Pondok Pesantren Dhiyyaus Sunnah, Dukuh Semar, Cirebon. Suasana yang syahdu dan wajah-wajah keislaman yang kental terpaut pada anak-anak kecil yang bermukim disana. Aku hanya bisa tersenyum kagum dalam hati melihat raut wajah indah mereka.

Aku dan temanku, Rio Rizky Maulana Amantjik (18) yang berpenampilan beda dengan penghuni ponpes lainnya awalnya canggung

memasuki kawasan yang dirahmati Allah tersebut. Aku merasa ilmuku rendah dibandingkan mereka yang sebenarnya lebih junior dibandingkan kami. Namun, aku merasa islam mempersatukan kita dan ikhwah salafiyin di ponpes itu. Dan tujuan kami pun bukan untuk sekadar bersilaturahim tapi juga untuk menuntut ilmu, ta’lim bersama ustadz yang sengaja didatangkan setiap hari minggu.

9:25 19/07/2009 kita sampai di kawasan Pondok Pesantren Dhiyyaus Sunnah tersebut setelah sekitar 30 menit mencari-cari keberadaan ponpes dan sempat tersasar juga. Diterima oleh Ustadz Abdullah yang kebetulan berada di latar ponpes menyambut kami dengan salam. Sebagai pembuka pembicaraan, aku bertanya-tanya seputar kegiatan ta’lim mingguan yang diprakarsa ponpes Dhiyaus Sunnah tersebut. Sembari berbincang, aku bertanya kepadanya perihal kawan yang kukenal lewat facebook itu. Ternyata beliau tak mengenalinya karena terlalu banyak ikhwan yang ta’lim di ponpes asri itu.

Pembicaraan semakin menghangat karena dia mengenal amyku (paman-nip), Ustadz Muhammad Banser yang berdagang dan juga sering mengisi kajian disana ketika berada di Cirebon. Aku dan Rio yang sebenarnya pendatang baru seperti telah bertahun-tahun mondok disana. Mereka menerima kami layaknya saudara mereka sendiri. Hal ini yang aku suka dari ikatan ta’lim disana.

10.15 19/07/2009 ta’lim dimulai dengan materi jual beli yang disampaikan langsung oleh Ustadz Hilmi. Setelah kurang lebih 45 menit kita diberi ilmu yang Insya Allah berguna untuk masa depan kita, 15 menit istirahat. Dan dilanjutkan dengan ta’lim aqidah akhlak oleh Ustadz Muhammad As-Sewed yang dimulai pukul 11.15.

Also read my post: “Ta’lim Dhiyaus Sunnah Minggu, 19/07/2009

About Hanif

Muhammad Hanif Teknik Geofisika Institut Teknologi Bandung muhammad.hanif@students.itb.ac.id em.hanif@hotmail.com

Discussion

2 thoughts on “Facebook Membawa Hikmah

  1. Wah,kemarin itu pengalaman yang benar2 membuat hati dan jantung berdegup kencang,nadi berdesir kuat.. Lain kali mau lah ikutan lagi…

    Posted by Perisicle | 20/07/2009, 11:52 am

Komentari

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: